pengertian katolik

Kata "katolik" (καθολικός, katolikos; bahasa Latin: catholicus) berasal dari frasa Yunani καθόλου (katolou), yang berarti "sarwa sekalian", "secara keseluruhan", atau "am",gabungan kata κατά (kata),yang berarti "perihal",dan kata ὅλος (holos),yang berarti "sarwa".Istilah "Katolik" (dengan huruf k besar) pertama kali digunakan pada permulaan abad ke-2 sebagai sebutan bagi seantero Dunia Kristen.Dalam ranah eklesiologi, istilah ini memiliki sejarah yang panjang dan digunakan dengan berbagai makna.


Ribuan Umat Katolik Maumere Padati Gereja Rayakan Misa Rabu Abu ...

Di Indonesia,kata ini dapat berarti "hal ihwal agama Kristen Katolik" maupun "hal ihwal ajaran dan amalan bersejarah Gereja Barat".Kata ini digunakan banyak orang Kristen sebagai sebutan bagi Gereja Semesta atau segenap orang yang beriman kepada Yesus Kristus tanpa pandang denominasi,dan digunakan pula dengan makna yang lebih sempit sebagai sebutan bagi kekatolikan,yang mencakup beberapa gereja bersejarah dengan keyakinan-keyakinan pokok yang sama. Katolikos,gelar pemimpin tertinggi di sejumlah Gereja Timur,juga berasal dari akar kata yang sama.

Istilah "katolikisme" adalah kata benda mujarad yang dibentuk dari kata sifat "katolik". Padanannya dalam bahasa Yunani Modern adalah καθολικισμός (katolikismos), yang biasanya mengacu pada Gereja Katolik. Istilah "katolik", "katolikisme", dan "kekatolikan" sangat erat kaitannya dengan penggunaan istilah "Gereja Katolik".


Post a Comment