Seminar adalah sekelompok mahasiswa yang dibimbing untuk melakukan suatu penelitian atau pembelajaran secara mendalam.Seminar merupakan suatu bentuk pembelajaran di sekolah atau universitas yang dilakukan dengan cara mengkaji permasalahan dan mendiskusikannya dengan seorang profesor atau orang yang ahli di bidangnya.



Bukan hanya di kalangan pelajar,namun di kalangan masyarakat juga dapat atau yang lebih sering menyelenggarakan suatu pekerjaan seminar yakni organisasi yang mempunyai nilai juang tinggi terhadap peradaban bangsa Indonesia,Misalnya saja seminar mengenai pendidikan,wirausaha,bisnis marketting,dan jenis seminar lainnya.

Syarat senimar
Mengadakan seminar akan lebih baik jika memenuhi persyaratan agar pada saat pelaksaan seminar tidak terjadi kesalahan,adapun syaratnya adalah:

1.Anggota atau peserta seminar dapat berfikir logis dalam mengani cara pemecahan masalah.
2.Pemateri sudah tahu permasalahan yang akan di sampaikan.
3.Menentukan waktu.
4.Masalah sudah di rumuskan.
5.Permasalahan dapat dipecahkan secara sistematis dan ilmiah.

Susunan seminar
Berikut ini adalah susunan acara seminar pada umumnya. Sebagai penyusunan acara adalah ketua pelaksana dan seksi-seksinya. Adapun susunan acara seminar yaitu:

1.Laporan ketua Pelaksana
2.Penyajian ketua
3.Pembahasan oleh pembicara
4.Diskusi atau tanya jawab
5.Kesimpulan
6.Penutupan

Pihak yang terlibat dalam seminar
Ada beberapa pihak yang terlibat dalam seminar pada umumnya,berikut pihak yang terkait:

1Pembawa acara
Pembawa acara tidak wajib seminar, pambawa acara bertugas sebagai membuka seminar,mengenalkan pemateri,pembahas,memperkenalkan moderator dan notulen, pembawa acara bertugas juga menutup seminar.

2.Moderator
Moderator adalah seseorang yang mengkontrol jalannya seminar,pihak yang bertanggungjawab terhadap proses berjalannya seminar.

3.Pemateri atau pembahasan
Penyaji bisa juga di sebut pemateri,biasanya di datangkan sengaja untuk memberikan arahan tentang seminar yang berlangsung.Penyaji atau pemateri adalah seseorang yang benar-benar ahli didalam bidangnya.Biasanya sebelum seminar di susun menentukan pemeteri terlebih dahulu.

4.Audience
Audience atau peserta dalam sebuah seminar biasanya terbatas,namun Audience merupakan salah satu pihak yang di wajibkan ada didalam seminar.Audience biasanya sebagai pendengar materi seminar dan memberikan tanggapan terhadap isi materi tersebut. 

5.Notulen
Notulen adalah orang bertugas mencatat dan menulis hal penting dalam aktivitas seminar.Hasil rangkuman yang ditulis oleh notulen akan digunakan oleh moderator membuat sebuah kesimpulan seminar.

Ciri-ciri seminar

1.Dimulai dari makalah
Sebelum sesi diskusi di mulai,biasanya pemakalah akan menyajikan makalah terlebih dahulu.Isi dari makalah tersebut biasanya berkisar sekitar 4 sampai 10 halaman kertas kuarto.

2.Isi makalah harus diangkat dari isu ilmiah
Isu ilmiah merupakan bahan yang menarik untuk di diskusikan.Karena itulah,isi makalah harus diangkat dari isu ilmiah yang memang terjadi di kehidupan nyata (aktual).

3.Penyanggah utama mendapat prioritas untuk merespon
Setelah pemakalah menyampaikan isi makalahnya,biasanya penyanggah utama akan diberi kesempatan untuk merespon isi makalah tersebut.Barulah setelah itu,audience dipersilahkan untuk merespon.Penyanggah utama ini bukanlah orang biasa.Mereka merupakan orang ahli yang memang berkecimpung di bidang yang dipilih sebagai topik dalam seminar itu.

4.Kebanyakan seminar dilakukan dalam bentuk forum
Seminar selalu melibatkan sejumlah audience agar ada yang memberikan respon terhadap isi makalah yang disampaikan oleh pemakalah.Inilah sebabnya seminar cenderung dilaksanakan dalam bentuk forum.

Fungsi seminar
Fungsi seminar secara umum adalah sebagai media untuk menyampaikan informasi atau gagasa baru yang bersifat ilmiah kepada Dengan begitu, para peserta dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Tujuan seminar
Pada dasarnya tujuan kegiatan seminar adalah untuk menyampaikan suatu pendapat atau hal baru kepada para peserta.Dengan begitu, para peserta seminar mendapatkan informasi baru yang dapat dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih luas kepada .

Post a Comment