Pengertian SEO Off Page

SEO off page adalah sejumlah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website Anda.Jadi mengoptimasi konten dan website Anda saja belum cukup.Ada banyak faktor di luar website yang bisa berpengaruh terhadap kualitas SEO Anda.

SEO OFF PAGE

Salah satu faktor di luar website yang cukup mempengaruhi kualitas SEO adalah backlink atau inbound link.Backlink menjadi indikator bahwa konten Anda menjadi rujukan website lain.Semakin banyak website berkualitas yang merujuk ke konten Anda, semakin baik.Google menilai website Anda sebagai website yang kredibel dan meningkatkan peluang untuk naik peringkat.Selain backlink,masih ada beberapa faktor penting lain untuk SEO off page.Anda dapat mendapatkan informasi selengkapnya di artikel Cara Optimasi SEO Off Page.

Kenapa SEO Penting untuk Website?

SEO bukan jadi pilihan lagi,melainkan kewajiban untuk semua website.Mengapa langkah optimasi ini begitu penting?Apa manfaatnya untuk website Anda?

1. Mesin Pencari adalah Sumber Informasi
Kini orang-orang bisa mendapatkan informasi hanya dengan satu klik saja,yaitu dengan mesin pencari. Di Indonesia sendiri,75 persen pengguna internet sudah terbiasa menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari berbagai macam informasi,dari informasi harga,berita,informasi kesehatan, hingga informasi politik.

2. Trafik Didominasi Konten di Halaman Pertama
Muncul di hasil pencarian Google saja tidak cukup.Jika konten Anda hanya muncul di halaman kedua, ketiga,atau bahkan di atasnya,kemungkinan untuk mendapatkan trafik lebih kecil.Konten Anda setidaknya harus muncul di halaman pertama.
Menurut Infront Webworks,91,5 persen trafik didominasi oleh website yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.Lebih detail lagi, 91,5 persen trafik tersebut didominasi oleh tiga posisi teratas.Secara berurutan, posisi pertama,kedua,dan ketiga masing-masing mendapatkan trafik sebesar 29,6 persen, 13,1 persen, dan 9,2 persen

3. Website Anda Ditemukan Melalui Berbagai Kata Kunci
Dengan menerapkan langkah optimasi SEO, website Anda bakal lebih mudah ditemukan dari berbagai kata kunci.Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens menggunakan berbagai macam kata kunci yang berhubungan dengan topik utama Anda. 
Misalnya,topik utama website/blog Anda adalah olahraga.Ada banyak kata kunci berkaitan dengan olahraga yang bisa Anda targetkan.Anda bisa membahas tentang sepak bola,basket,voli,bulu tangkis, dan topik-topik lain yang masih berkaitan dengan olahraga. 

4. Brand Awareness dan Kredibilitas Meningkat
Sebanyak 88 persen konsumen melakukan riset online sebelum melakukan pembelian.Keadaan ini menuntut pemilik bisnis untuk bisa memiliki brand awareness yang baik agar bisa selalu ditemukan di dunia maya.Salah satu cara terbaik untuk membangun brand awareness di era digital ini adalah dengan meningkatkan kualitas SEO.
Semakin mudah website Anda ditemukan di hasil pencarian Google,semakin banyak orang yang mengetahui website Anda.Dengan begitu orang-orang akan semakin familiar dengan bisnis Anda dan brand awareness online Anda meningkat.

5. Trafik Organik Lebih Mudah Dikonversi 
Salah satu alasan mengapa SEO begitu penting untuk bisnis adalah kemudahan untuk konversi (conversion).Pengunjung yang datang secara organik cenderung lebih mudah dikonversi menjadi leads atau pelanggan.Berdasarkan data SimilarWeb,trafik organik 10 kali lebih mudah dikonversi dibandingkan trafik dari media sosial.


Post a Comment