Pengertian 
Ekonomi mikro (sering juga ditulis mikroekonomi) adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input,barang dan jasa yang diperjual-belikan

Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa,yang akan menentukan harga;dan bagaimana harga,pada gilirannya,menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimal,bersama-sama individu lainnya di pasar,akan membentuk suatu keseimbangan dalam skala makro;dengan asumsi bahwa semua hal lain tetap sama (ceteris paribus).(Sumber ini di kutip dari wikipedia).

Terdapat beberapa tujuan ekonomi mikro, di antaranya: Membuat analisis pada mekanisme pasar yang akan membentuk harga relatif terbadap produk barang maupun jasa. Menganalisis kegagalan pasar di saat memprodukai hasil yang efisien. Serta menjelaskan kondisi teoretis yang diperlukan suatu pasar dengan persaingan sempurna.

Tujuan umum

Salah satu tujuan ekonomi mikro adalah menganalisis pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relatif kepada produk dan jasa,serta alokasi dari sumber terbatas di antara banyak penggunaan alternatif. Ekonomi mikro menganalisis kegagalan pasar, yaitu ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien; serta menjelaskan berbagai kondisi teoretis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna. Bidang-bidang penelitian yang penting dalam ekonomi mikro, meliputi pembahasan mengenai keseimbangan umum (general equilibrium), keadaan pasar dalam informasi asimetris, pilihan dalam situasi ketidakpastian, serta berbagai aplikasi ekonomi dari teori permainan. Juga mendapat perhatian ialah pembahasan mengenai elastisitas produk dalam sistem pasar.

Beberapa tujuan ekonomi mikro meliputi:

1.Menganalisa mekanisme pasar yang membentuk harga relatif barang dan jasa, dan alokasi sumber terbatas di antara banyak penggunaan alternatif

2.Menganalisis kegagalan pasar, yaitu ketika pasar gagal menghasilkan hasil yang efisien dan menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang diperlukan untuk pasar persaingan sempurna.

Ekonomi mikro atau mikroekonomi  secara langsung memengaruhi pengambilan keputusan dalam hal penawaran dan permintaan barang atau jasa.
Sehingga definisi ekonomi mikro memiliki tujuan utama bagi perusahaan,yaitu menganalisis pasar dan bagaimana mekanisme pembentukan harga relatif produk dan jasa.

Beberapa aspek analisis dalam ekonomi mikro adalah:

1.Analisis biaya dan manfaat
2.Teori permintaan dan penawaran
3.Elastisitas
4.Model pasar
5.Industri
6.Teori produksi
7.Teori harga

Peran ekonomi mikro dalam bisnis dapat membantu menganalisis kegagalan pasar dan menjelaskan kondisi teoritis di dalam kondisi pasar persaingan sempurna.


Ruang lingkup ekonomi mikro
Ruang lingkup ekonomi mikro adalah konsumen dan produsen. Dalam dunia ekonomi, produsen dan konsumen adalah individu dalam rumah tangga, komunitas, organisasi atau perusahaan.
Mikroekonomi meneliti perilaku penjual dan pembeli, termasuk interaksinya dalam pasar faktor produksi. Singkatnya, ruang lingkup ekonomi meliputi:

1.Teori perilaku konsumen
2.Pasar monopoli
3.Pasar oligopoli
4.Permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga pasar
5.Elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran
6.Persaingan monopolistik pasar
7.Permintaan input
8.Mekanisme harga dan distribusi pendapatan
9.Teori produksi, biaya produksi, pendapatan produsen, dan keuntungan
10.Pasar persaingan sempurna

Teori ekonomi mikro
Setelah memahami arti ekonomi mikro dan tujuannya, tentu saja kita juga perlu tahu apa yang dianalisis dalam ekonomi mikro. Analisis ekonomi mikro atau ekonomi mikro dibagi menjadi tiga, termasuk:

1.Teori harga
Harga digunakan sebagai dasar untuk menganalisis interaksi antara penawaran dan permintaan barang atau jasa di pasar dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya. Analisis dilakukan pada:

1.Proses pembentukan harga
2.Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahan permintaan dan penawaran
3Hubungan antara harga permintaan dan penawaran
4Bentuk pasar
5.Konsep elastisitas permintaan dan penawaran

2.Teori produksi
Teori produksi juga digunakan sebagai dasar untuk menganalisis biaya produksi dan tingkat produksi. Analisis dilakukan pada:

1.Semua terkait dengan biaya produksi barang dan jasa
2Tingkat produksi yang paling menguntungkan bagi produsen
3.Kombinasi faktor produksi yang harus dipilih oleh produsen untuk mendapatkan keuntungan maksimal

Teori distribusi
Tujuan dari teori distribusi adalah untuk melakukan analisis ekonomi mikro terkait dengan upah tenaga kerja, jumlah bunga yang harus dibayarkan kepada pemilik modal, dan jumlah keuntungan yang diperoleh oleh produsen.


Demikina penjelasan tentang pengertian,tujuan umum dan ruang lingkupekonomi mikro,semoga bermanfaat.

Post a Comment